Cari di Blog Ini

Minggu, 24 September 2017

Perlawanan Nusantara dengan Kolonialisme VOC


 1. Perlawanan Aceh vsPortugis dan VOC yang berlokasi di Aceh dengan tokoh2 dari aceh yang terlibat yaitu Ajeng ayu w,Aji faris b,Alfin nurul izah,Cantika dyah a,Devita galih,sedangkan tokoh asing yang terlibat yaitu Desanaa,Henri guess,Jendral sweeten.Perlawaban ini disevabkan oleh perjembangan aceh yang pesat dipandang portugis sebagai ancaman upaya yang dilakukan oleh rakyat aceh yaitu melengkapi kapal dagang mereka dengan senjata sedangkan Portugis yaitu mendatangkan bantuan persenjataan dari jalibut dan jepang. Hal2 ini menyebabkan jatuhnya aceh ke tangan Belanda dan menguatnya persatuan rakyat aceh.
2.Perlawanan Maluku angkat senjata yang berlokasi diMaluku, tokoh yang terlibat yaitu PangeranNuku,Sultan Baabullah,Sultan Khaerun. Penyebab perlkawanan ini yaitu kapoal Portugis yang menembaki jung jung Belanda yang ingin membeli cengkeh ke Tidore. Upaya yang dilakukan adalah membuat perjanjian saragosa dan menyatukan ternate dan tidore. Dampoak yang disebabkan yaitu Sultan Nuku berhasil berdaulat  dan melepaskan diri dari Belanda.

3. Perlawanan sultan Agung vs JP coen yang berlokasi di Batavia dan melibatkan tokoh yaitu sultan Agung dan JP coen yang disebabkan oleh monopoli voc dan voc yang menghalangi kapal mataram ke batavia . upaya yang dilakukan serangan pertama pada tgl 22-8-1628 Tumenggung baureksa menyerang voc di Batavia . upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kapal dan senjata. Dampaknya voc berambisi untuk mengepung mataram sehingga terjadi perlawanan rakyat.


4. Perlawanan Banten berlokasi di Banten tokohnya adalah Sulta Ageng Tirtayasa dan Pangeran Purbayasa penyebabnya karena banten memiliki lokasi yang strategis sebagai bandar perdagangan internasional upya yang dilakukan adalah mengundang pedagang eropa serta mengirim pasukan untuk menggangu kapal dagang voc. Dampaknya adalah pedagang Banten menjadi sepi,banyak korbvan yang berjatuhan.

 
5. Perlawanan Gowa yang berlokasi di Sulawesi Selatan ,tokoh tokohnya yaitu sultan Hasanudin dan Aru Palaka penyebsabnya Belanda mengetahui bahwa perlawanan goa sangat me!engaruhi , upaya yang dilakukan mempersiapkan benteng dan memperkuat pertahanan untuk melawan voc . dampaknya kerajaan goa mengalami kekalahan dan diberlakukan perjanjian bongaya .

6. Perlawanan rakyat riau angkat senjata yang berlokasi di riau,tokohnya Raja siak sultan abdul ja"il Penyebabnya ambisi voc untuk melakukan monopoli dan mengincar kep. Riau upaya yang dilakukan yaitu perlawanan yang dilakukan sri indra pura untuk merebut malaka dampaknya Riau menang melawan voc dan raja indra diangkat menjadi pahlawan.
7.perlawanan orang cina berontak berlokasi di batavia, tokohnya yaitu Oey Panto dan Pakubumi 2 yang disebabkan karena voc mengambil rempah rempah dan hasil bumi secara semena mena upaya yang dilakukan mendapat bantuan dari Pakubuwono 2dampaknya boc memperkuat persenjataan yang meruntuhkan pemberontakan cina .

8. Perlawanan pangeran mangkubumi dan mas said berlokasi di jawa ,tokohnya pangeran mangkubumi,mas said,dan raden sutawijaya penyebabnya munculnya perlawanan mas said terhadap voc dan voc terlalu mengitervensi mataram upyanya pangeran mangkubumi dan mas said bersatu melawan voc dampaknya mangkubumi dan mas said bersedia menandatangani pperjanjian giyanti dan raden mas said menandatangani perjanjian salatiga.

3 komentar: